Gebyar Math Competition (GMC) 2018 HIMATIKA STAIN Gajah Putih Takengon

TAKENGON (TMA STAIN GP) - Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) STAIN Gajah Putih Takengon menyelenggarakan kegiatan Gebyar Math Competition (GMC). Kegiatan yang mengangkat tema “Smart and Intelectual Generations in Mathematics" mempertandingkan 2 (dua) cabang lomba, yaitu Kompetisi Matematika Siswa (KMS) dan Lomba Cerdas Cermat Matematika (LCCM). Kompetisi Matematika Siswa (KMS) merupakan perlomabaan individu adapun Lomba Cerdas Cermat Matematika (LCCM) merupakan perlombaan beregu. Kegiatan mahasiswa tersebut digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu di Kampus Induk Jalan Yos Sudarso. 

Ketua HIMATIKA, Azis, menerangkan ajang kompetisi  matematika ini diikuti oleh 120 siswa kelas X dan XI dari 12 sekolah se-Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Setiap sekolah mengirim tiga orang peserta untuk kompetisi matematika siswa, serta dua regu untuk lomba cerdas cermat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam bidang matematika sekaligus mensosialisasikan bahwa Prodi Tadris Matematika STAIN Gajah Putih sudah terakreditasi B,” ungkap Azis.

Wakil Ketua III Ramdansyah Fitrah, M.Si merespon positif kegiatan yang diinisiasi oleh mahasiswa tersebut. Dia berharap, kegiatan ini dapat menjadi ajang silaturrahmi antara Prodi Tadris Matematika (TMA), guru dan siswa.

“Tentu juga menjadi tolak ukur keberhasilan guru dalam mendidik, khususnya bidang studi matematika. Bagi siswa juga dapat menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kemampuannya,” sebut Waka III saat membuka kegiatan, Sabtu (20/10/2018).

Kegiatan ini ditutup pada pukul 15:00 WIB oleh  Ketua Jurusan Tarbiyah, Ansor, M.Pd.I. “Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana dan menjadi tonggak untuk pelaksanaan kegiatan tahun-tahun selanjutnya” sebut Kajur Tarbiyah, Minggu (21/10/2018).

Sekaligus dengan penutupan dilakukan juga pengumuman pemenang. Cabang kompetisi siswa (KMS) dimenangkan oleh M. Fitriansyah (SMAN 4 Takengon), disusul oleh Milda Epriana (SMAN Unggul Binaan Bener Meriah) sebagai juara 2, dan Susilara Dewi (SMAN 2 Takengon) sebagai juara 3.

Untuk cabang cerdas cermat  (LCCM), juara 1 diraih SMAN 1 Takengon yang diwakili Shevia Rossa, Cinta Simah B, dan M.Hafiz. Sementara juara 2 diduduki oleh SMAN Unggul Binaan Bener Meriah yang diwakili Diyah Ayu Yogi, Choirin Nisa, dan Septi Khairullah. (TMA)

Lainnya :